STUDI TIRU KE BADAN KESBANGPOL KOTA BATU

Ditulis oleh | Tanggal | Dibaca

Selain melakukan studi tiru ke Kabupaten Kediri, rombongan parpol dan Badan Kesbangpol Kota Magelang yang dipimpin Kaban Kesbangpol Drs. Agus Satiyo Hariyadi, M.Si dan Kabid Poldagri Ormas, Subarkah, M.Pd melanjutkan kunjungan ke Kota Batu pada hari Kamis, 27 Juni 2024. Rombongan diterima oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Batu, Bapak  Arief Imam Wahyono, S.Sos didampingi Kabid Poldagri dan Ormas Bapak Badrut Tamam Widarto, S.H, M.H beserta jajarannya di Ruang Rapat Balai Kota Among Tani Lantai 4.

Disampaikan oleh Bapak Arief bahwa Kota Batu merupakan Daerah Otonom Termuda di Provinsi Jawa Timur. Kota Batu terkenal dengan julukan Kota Apel karena menjadi sentra penghasil buah apel di Jawa Timur. Kota ini juga berkembang menjadi Kota Wisata karena pesona keindahan alamnya. Jauh sebelumnya, wilayah ini telah menjadi tempat peristirahatan para raja di masa kolonial Belanda sehingga dijuluki “Swiss Kecil di Pulau Jawa”.

Bapak Badrut menyampaikan bahwa jumlah Pemilih Tahun 2024 sebanyak 164.516 orang, terdiri dari Laki-laki 81.743 dan Perempuan 82.773. Di Kota Batu teridri dari 4 Dapil karena penduduk di Kecamatan Batu lebih banyak. Kota Batu terdiri dari Kecamatan Batu dengan 8 Desa, Kecamatan Bumiaji ada 9 Desa dan Kecamatan Junrejo ada 7 Desa?. Parpol peserta Pemilu Tahun 2019 ada 16 Partai dan parpol peserta Pemilu 2024 ada 18 parpol. Adapun bantuan parpol Tahap I tahun 2024 diberikan dari Bulan Januari s.d Agustus, dan masih menunggu rekomendasi Gubernur Jawa Timur karena mengajukan kenaikan nilai per suara dari Rp. 10.000,- menjadi Rp. 15.000,- sedangkan tahap II diberikan dari Bulan September s.d Desember 2024,

Ketua Forum Komunikasi Antar Partai Politik (FKAPP) Kota Magelang, Agus Susilo mengatakan pembentukan Forum Komunikasi Antar Partai Politik (FKAPP) Kota Magelang yang baru saja dideklarasikan tanggal 27 Juni 2024 di Kota Batu merupakan inisiatif dari semua partai politik di Kota Magelang dimana forum ini sebagai media untuk sharing dan media pembelajaran. Latar belakang terbentuknya forum ini adalah keinginan bersama untuk meminimalisir ketegangan di saat pesta demokrasi dan memberikan masukan-masukan dalam pembangunan di Kota Magelang, tentunya tetap bersinergitas dengan Badan Kesbangpol dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan terciptanya iklim sejuk kondusif di Kota Magelang. Harapannya semua parpol yang tergabung dalam forum ini bisa menghimpun dan menyerap aspirasi masyarakat. Ucapan terima kasih kepada Badan Kesbangpol yang memfasilitasi terbentuknya forum ini sehingga parpol yang tidak mempunyai parlemen di DPRD juga diajak bergabung untuk menghimpun masukan-masukan dan aspirasi masyarakat Kota Magelang untuk disampaikan kepada wakil rakyat yang duduk di parlemen.