STUDI TIRU KE BADAN KESBANGPOL KABUPATEN KEDIRI

Ditulis oleh | Tanggal | Dibaca

Badan Kesbangpol Kota Magelang bersama partai politik se Kota Magelang melakukan kegiatan studi komparasi dalam rangka peningkatan kapasitas kelembagaan partai politik guna mendukung suksesnya Pilkada Serentak Tahun 2024 ke Badan Kesbangpol Kabupaten Kediri pada hari Rabu,26 Juni 2024. Rombongan Kota Magelang diterima oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kediri, Bapak Yuli Marwantoko, SE., MM beserta jajarannya di Ruang Rapat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kediri. 

Pada kesempatan tersebut, Yuli Marwantoko menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan pendidikan politik dengan harapan semua masyarakat paham arti dan tujuan pelaksanaan pemilu dan pilkada, sehingga partisipasi pemilih semakin meningkat. Adapun pelaksanaan sosialisasi terhadap peraturan perundang-undangan pemilu di Kabupaten Kediri telah dilaksanakan 7 kali di sekolah, 3 kali di pondok pesantren, 9 kali di kampus dan bagi masyarakat/partai politik. Sedangkan kegiatan terkait pemberdayaan partai politik selalu dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi maupun saresehan, disamping itu ada kegiatan Bimbingan Teknis bagi parpol penerima bantuan keuangan. Di Kabupaten Kediri ada group Banpol (Parpol Penerima Banpol) dan Group Parpol (semua parpol di Kabupaten Kediri). Jumlah parpol tahun 2024 ada 14 dan yang menduduki kursi di DPRD ada 8 parpol.

Menanggapi pertanyaan dari Sdr. Agus Susilo (Pengurus Partai Golkar Kota Magelang) yang akan mendeklarasikan terbentuknya Forum Komunikasi Antar Partai Politik (FKAPP), di Kabupaten Kediri belum ada dan merupakan ide yang bagus untuk kedepannya Bakesbangpol Kabupaten Kediri akan melakukan studi tiru ke Bakesbangpol Kota Magelang terkait program dan peran Bakesbangpol pada FKAPP tersebut.