STUDI TIRU KE BADAN KESBANGPOL KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Ditulis oleh | Tanggal | Dibaca

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan SDM Aparatur Badan Kesbangpol dalam mempersiapkan segala sesuatu guna mendukung terlaksananya Sukses Pemilu Serentak Tahun 2024, telah melaksanakan studi tiru ke Badan Kesbangpol Kabupaten Gunung Kidul pada hari Rabu, 14 Desember 2022 terkait pemantauan kegiatan, pelaporan informasi dan evaluasi kegiatan perkembangan politik di daerah dalam rangka meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik masyarakat serta untuk meningkatkan kualitas demokrasi menjelang Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

Rombongan Badan Kesbangpol Kota Magelang diterima langsung oleh Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan, Ahmad Ahsan Jihadan, S.Psi, MA didampingi Jajaran Badan Kesbangpol Kabupaten Gunung Kidul. Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut antara lain :

  1. Sebagai upaya meningkatkan partisipasi politik dan kualitas demokrasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dengan baik di Pemilu Serentak Tahun 2024 untuk meminimalisir golput
  2. Untuk mengetahui fasilitasi dan dukungan pemerintah daerah dalam kesiapan pelaksanaan dan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024
  3. Meningkatnya kesadaran politik masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu hoaks dalam menentukan pilihannya.

Terkait dengan Politik dan kesiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak tahun 2024 diperoleh informasi bahwa :

  1. Kesbangpol Kabupaten Gunung Kidul telah membentuk Tim Pemantauan Kondisi Politik Daerah dengan Surat Keputusan Bupati Gunung Kidul yang beranggotakan :
    • Danramil
    • Camat
    • Kapolsek
    • Instansi Terkait
  2. Kegiatan pendidikan politik dilaksanakan dengan memberdayakan Ormas yang ada di Kabupaten Gunung Kidul dimana pada tahun 2022 untuk kegiatan pendidikan politik ada 30 paket kegiatan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengajak ormas berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas. Ormas dan tokoh masyarakat diberikan Sosialisasi Pemilu dalam rangka menangkal berita hoax, isu sara dan money politik, dengan harapan bisa menjelaskan kepada para anggotanya untuk lebih mewaspadai dan menghindari hal tersebut.

Disamping itu pada tahun 2023 telah diusulkan untuk pembuatan film kampanye partisipasi politik dengan mengangkat budaya yang ada di Yogyakarta. Terkait masalah tingkat kerawanan Pemilu dan kondisi di Kabupaten Gunung Kidul relatif aman. Walaupun indeks tingkat kerawanannya tinggi, namun secara fakta tidak demikian, karena belum pernah ada problem terkait kamtibmas dalam penyelenggaraan Pemilu.