PAGELARAN WAYANG KULIT "GATUT KACA WISUDA"

Ditulis oleh | Tanggal | Dibaca

Pada hari Sabtu tanggal 24 September 2022 Pukul 20.00 s.d 23.00 WIB telah dilaksanakan kegiatan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka Merti Dusun/Saparan, dengan Lakon "Gatut Kaca Wisuda" oleh Dalang Hadi Sukirno di Halaman Rusunawa Kodim 0705/ Magelang, Kampung Sanggrahan Magelang. 
Hadir dalam kegiatan tersebut :
1. Wakil Walikota Magelang, Drs.KH.Mansyur Siraj,M.Ag;
2. Dandim 0705/Magelang, Letkol Arm Rohmadi, S.Sos, M.Tr (Han);
3. Kasdim 0705/Magelang, Mayor Inf Sudarno;
4. Wakapolres Magelang Kota Kompol Supriyadi, SH;
5. Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PKS, H. Arifin Mustofa, S.Pd. Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PKS;
6. Wakil Ketua DPRD Kota Magelang dari Fraksi PKS, Bapak Bustanul Arifin, S.T;
7. Asisten 1 Sekda Kota Magelang, Larsita SE,. MSc;
8. Anggota DPRD Kota Magelang dari Fraksi Golkar, Titiek Utami, S.Sos, MM;
9. Anggota DPRD Kota Magelang (PKS) Bp. Ahmad Widodo;
10. Camat Magelang Utara Rumiyati SS,.TP;
11. Danramil 01/ Magelang Utara, Mayor Inf. Joko Priyanto;
12. Kabid Kebudayaan Desdikbud Kota Magelang, Bp. Sugeng Priyadi, SE;
13. Wakapolsek Magelang Utara, AKP Wartono;
14. Lurah Wates, Bapak Sugeng 
15. Budayawan Kota Magelang, Ki Susilo Anggoro, SE;
16. Tokoh masyarakat, tokoh agama, warga masyarakat.

Wakil Walikota Magelang dalam sambutannya merasa senang dan bangga atas terselenggaranya kegiatan Merti Dusun, yang merupakan tradisi dari leluhur dan merupakan simbol dari rasa syukur warga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Maka dari itu timbul merti Dusun yang artinya bersih-bersih Dusun dari hal-hal yang tidak baik atau mungkar. Untuk itu tradisi ini perlu dilestarikan Tradisi Merti Dusun itu dapat menjadikan tentram dalam hati dan menjadikan tuntunan kita, menjadikan hukumnya Tuhan, hukumnya Negara, dan hukum adat atau hukum tradisi. Mudah mudahan dengan adanya merti Dusun ini bisa menjadikan warga masyarakat ayem tentram, menjadikan rasa nyaman, hidup yang enak, sesama tetangga rukun damai, katanya.

"Pada malam hari ini dengan adanya Pagelaran Wayang kulit dengan lakon Gatut kaca Naik pangkat merupakan tontonan atau tuntunan bagi para remaja remaja, dan sangat bermanfaat. Mari para remaja bisa mengikuti apa yang baik untuk bisa ditiru dan yang jelek ditinggal, ambil contoh yang baik-baiknya saja.