RAKOR TIM PENGAWASAN ORANG ASING KOTA MAGELANG

Ditulis oleh | Tanggal | Dibaca

Pada hari selasa tanggal 20 September 2022 Pukul 09.30 WIB - 11.30 WIB telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Kota Magelang di Grandballroom 3 Lantai II Atria Hotel Magelang, Jl. Jendral Sudirman No. 42 Magelang, sebagai penanggung jawab kegiatan adalah Ari Widodo (Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo) dan diikuti 50 orang. Hadir pada rakor tersebut antara lain : 
1. Kepala Devisi Imigrasi Jateng, Wisnu Fajar 
2. Kepala  Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, Bp. Ari Widodo 
3. Kasi Wasdakin Imigrasi Wonosobo, Yan Edwin  
4. Kepala Badan Kesbangpol Kota Magelang diwakili Satiyawan Barata K.
5. Pasi Intel Dimana 0705/Magelang, Lettu Inf Aris Widodo 
6. Kasat Intelkam Polres Kota Magelang, Iptu Abdilah
7. Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Magelang, Bp Suharno 
8. Kabid Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat Satpol PP Kota Magelang, Bp Dedy 
9. Kabag HukumSetda Magelang diwakili Bp  Indra SH 
10. Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Magelang
11. Forkompincam se Kota Magelang
12. Posda Bin Kota Magelang
13. Tim Intel Korem 072/pmk, Serma Supriyadi 
14 .Disdukcapil Kota Magelang, Ibu SIska. 
15. DPMPTSP Kota Magelang, Bp. Ari Beny 
16. Kasubsi Intelijen Keimigrasian, Heri Sumbodo
17. Kasubsi Penindakan Keimigrasian, Hermit Perwedy Zendrato
18..Staf Imigrasi Kanwil Kementrian KUMHAM Jateng. 

Dalam laporannya, Kepala Imigrasi klas II Non TPI Wonosobo Bp Ari Widodo menyampaikan bahwa fungsi Imigrasi adalah menegakkan keimigrasian, penegakan hukum di Indonesia dengan bersinergi dengan instansi yang lain. Melalui kegiatan ini kita berharap tetap bersinergi untuk mewujudkan negara yang aman dan nyaman melalui penegakan keimigrasian.

Kepala Devisi Imigrasi Jateng, Wisnu Fajar  dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang membangun negara, yaitu dengan datangnya investor asing yang akan masuk ke negara Indonesia. Terkait hal tersebut maka perlu adanya konsekuensinya terhadap orang asing tersebut, maka Imigrasi mempunyai tugas untuk mengawasi orang asing tersebut sehingga dibentuk tim pora dalam penegakan hukum bidang Imigrasi. 

Beberapa waktu yang lalu Imigrasi disentil oleh Presiden terkait dengan pengawasan dan penegakan masih menggunakan pola-pola lama. Keimigrasian Jateng yang di Wonosobo telah melakukan upaya-upaya, pengawasan, monitor giat G 20 di wilayah Borobudur sehingga bisa berjalan aman dan lancar. Jumlah orang asing di Propinsi Jateng + 7527 orang , itu legal dan ilegal, kita berharap kepada tim pora di wilayah untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing sehingga bisa dideteksi dan diminalisir. 

Pada kesempatan tersebut, Kasi Intel Wasdakin Imigrasi Wonosobo, Yan Edwin juga mengatakan bahwa berdasarkan Surat Edaran Nomor IMI - 0700.GR . 01.01 Tahun 2022 tentang kemudahan Keimigrasian dalam rangka mendukung Pariwisata berkelanjutan pada masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. Tugas dan fungsi Imigrasi antara lain :
1. Memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi/lembaga pemerintah, terkait dengan pengawasan orang asing. 
2. Fungsi koordinasi dan tukar informasi. 
3. Pengumpulan informasi dan data keberadaan orang asing. 
4. Analisa dan evaluasi terhadap data informasi berkaitan pengawasan orang asing. 
5. Menjalin hubungan yang harmonis antar instansi dan lembaga. 
6. Penyusunan rencana gabungan orang asing yang bersifat khusus atau insidental termasuk rencana operasi mandiri setiap instansi anggota tim pora. 
7. Dalam pengawasan tim pora menemukan tindak pidana dalam operasi gabungan maka diserahkan kepada badan atau instansi terkait sebagai dengan kewenangan masing-masing.

Menurut Kasat Intelkam Polres Kota Magelang dilaporkan sebagai berikut :

  • Jumlah orang asing yang terdata ada 6 orang, satu orang dari USA dan 3 orang tenaga kerja asing dari Cina, Korea dan Jepang.
  • Data riset orang asing nihil.
  • Data pengunjung orang asing nihil.
  • Kegiatan orang asing yang menonjol nihil.
  • Data orang asing penduduk tetap ada 6 orang.
  • Pelanggaran orang asing, pelaku maupun korban : nihil
  • Keberadaan aset milik orang asing di wilayah Kota Magelang, dalam pantauan dan patroli secara terbuka tertutup oleh Polresta Magelang. 

Disdukcapil Kota Magelang juga melaporkan bahwa mulai dari bulan April tidak memperoleh data dari Kantor Imigrasi Wonosobo namun kami mendapatkan SIAK dari Diknas Pusat. Ada laporan dari warga, yang ijin tinggal di Jakarta namun orang tersebut tinggal di Magelang, dan kami minta yang bersangkutan untuk laporan ke Kantor Imigrasi Wonosobo, namun sampai sekarang orang tersebut tidak laporan ke Kantor Disdukcapil Kota Magelang. 

Pasi Intel Dim 072/pmk dari Kodim Magelang melaporkan ke komando atas tiap bulan terkait dengan keberadaan orang asing tersebut. Ijin tinggal orang Korea hanya sampai tahun 2024, orang Australia sampai bulan Agustus 2023 dan mohon ijin konfirmasi terkait dengan keberadaan orang asing  yang tinggal nantinya bisa dilampirkan atau dicantumkan sampai batas waktunya.