BIMTEK AKSELERASI EKSPOR OLEH KOMISI IV DPR RI

Ditulis oleh | Tanggal | Dibaca

Pada hari Jumat tanggal 16 September 2022 pukul 09.30 s.d 12.15 WIB telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Tekhnis Akselerasi Ekspor (Standar Produk Pertanian Berorientasi Ekspor), yang diselenggarakan oleh Komisi IV/DPR RI bekerja sama dengan Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, bertempat di Gedung Wisma Sejahtera Magelang, diikuti + 100 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut :

  • Anggota Komisi IV DPR RI, Ibu Vita Ervina, S.E., MBA;
  • Dr. H. Syahrul Yasin Lumpo, S.H, M.Si, M.H;
  • Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, Bapak Ir. Turhadi Noerachman, M.Si beserta jajaran;
  • Bapak Ir. Romza Ernawan, M.Si., Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang diwakili Kabid Ibu Ade;
  • Heri Widarta SP, M. Sc;
  • Anggota Staf Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Magelang;
  • Ketua atau Perwakilan Kelompok Tani dari Pembudidaya dan Pengolahan Hasil Pertanian yang tersebar di Kabupaten Magelang; 
  • Peserta Bimtek.

Dalam sambutannya, Anggota Komisi IV DPR RI Ibu Vita Ervina, S.E., MBA menyampaikan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis ini adalah kerja sama Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jateng VI (Purworejo, Magelang Raya, Temanggung dan Wonosobo) bersama dengan mitra kami Badan Karantina Pertanian, Kementan RI. Kegiatan ini fokus pada pengetahuan tentang Standar Produk Pertanian berorientasi Ekspor dan Kebijakan Ekspor Produk Pertanian. Ini merupakan Bimbingan Teknis kedua yang kami selanggarakan di Daerah Pemilihan, setelah hari Kamis kemarin kami selenggarakan di Kabupaten Purworejo tentang Perkebunan.

"Meskipun temanya berbeda tetapi ini merupakan satu kesatuan dalam upaya peningkatan kapasitas petani, seluruh peserta bimtek dapat saling bertukar pikiran dengan ilmu-ilmu yang akan diberikan oleh bapak ibu narasumber. Sengaja kami mengambil focus pada tema tersebut, sama-sama kita ketahui bahwa Magelang sangat kaya dengan hasil pertanian baik itu komoditas tanaman pangan, hortikultura, maupun perkebunan, tetapi hal tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia khususnya berkaitan dengan standar mutu produk pertanian dan bagaimana kebijakan pemerintah tentang ekspor produk pertanian," katanya.

Kabupaten Magelang dengan keindahan alam dan kesuburan tanahnya, hal tersebut menjadi daya dukung bahwa sektor pertanian sebagai unggulan utama penopang perekonomian masyarakat di Magelang. Pertanian sebagai sektor unggulan di Magelang tentunya ini menjadi pekerjaan kita bersama, perlunya sinergitas antarsektor mulai dari hulu sampai dengan hilirnya. Berbagai macam komoditas seperti kentang, salak, kelengkeng, durian, cabai, kopi, beras organik, dan masih banyak lagi yang menjadi unggulan di Magelang sangat diperlukan pemahaman di tingkat petani bahwa hasil pertanian mereka belum semuanya memiliki mutu yang baik, bahkan untuk bersaing di dalam negeri pun seringkali kalah dengan produk-produk dari luar daerah. Sebagai Anggota Komisi IV DPR RI, kami berupaya untuk terus mendorong pemerintah melalui kementerian pertanian untuk mengoptimalkan grand design pertanian serta peran dan sinergitas antar eselon I sebagai peta jalan untuk mendorong ekspor produk pertanian di Indonesia. Grand Design tersebut memuat tujuan jangka panjang untuk meningkatkan pendapatan petani secara luas. Di sisi lain, program ini juga disusun guna memastikan arah pembangunan pertanian agar berjalan dengan target dan tahapan yang jelas. Program ini mencakup upaya optimalisasi potensi pertanian, salah satunya melalui pengembangan kawasan dan ditata sedemikian rupa agar mampu menjawab tantangan dan peluang pasar ekspor dunia. Secara spesifik nanti akan dipaparkan lebih panjang lebar lagi oleh narasumber, standar mutu produk pertanian berorientasi ekspor akan dijelaskan, imbuhnya.