RAPAT KOORDINASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH

Ditulis oleh | Tanggal | Dibaca

Magelang. Dalam rangka meningkatkan kinerja transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, pemerintah daerah perlu menyelenggarakan sistem pengendalian intern pemerintah. Personil Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Magelang bersama perwakilan dari Inspektorat Kota Magelang melaksanakan rapat koordinasi sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) pada hari Jumat, tanggal 2 Agustus 2019 pukul 08.00 WIB bertempat di Aula Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Magelang yang dipimpin oleh kepala Badan Kesbangpol dan Linmas, Hamzah Kholifi, S. Sos, M.Si.

Pengendalian intern merupakan proses yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai mengenai pencapaian tujuan pemerintah daerah yang tercermin dari keandalan laporan keuangan, efisiensi dan efektifitas pelaksanaan progam dan kegiatan serta dipatuhinya peraturan perundang-undangan. Pengendalian intern tersebut sekurang-kurangnya memenuhi kriteria terciptanya lingkungan pengendalian yang sehat, terselenggaranya penilaian resiko, terselenggaranya aktivitas pengendalian, terselenggaranya sistem informasi dan komunikasi, serta terselenggaranya kegiatan pemantauan pengendalian.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan semua personil Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Magelang dari kepala sampai dengan pelaksana memahami pengendalian intern kegiatan yang dilaksanakan.  Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Magelang yang merupakan kepanjangan tangan dari Pemerintah Kota Magelang dapat menerapkan sistem pengendalian intern pemerintah sehingga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar.